January 13, 2017

MONEY TALK CONTENT


Akhir-akhir ini ada banyak teman-teman pembaca blog saya maupun teman-teman dekat yang bertanya sama saya soal gimana sih caranya bisa main saham? gimana sih cara ikutan Reksadana? Dan diantara teman-teman sekalian masih usia muda, belum menikah dan masih duduk di bangku kuliah/ sekolah. Kayanya pada bingung cari bacaan soal investasi yang gak berat dipikirin dan gak bikin bingung harus mulai dari mana? Tapi.... Standing applause deh! karena jaman saya dulu kuliah jarang ada yang melek soal beginian kecuali mahasiswa Chinese (maap bukan rasis, tapi ini kenyataan dari pengalaman saya dulu jadi asisten broker di kampus).
Banyak sekali blogger wanita yang membahas soal beauty dan fashion, tapi sangat jarang sekali blogger wanita menyajikan konten mengenai serba serbi keuangan dan beragam produk investasi. Ada sih yang membahas soal ini, tapi sepi pembaca karena mungkin dianggap kurang menarik dan sulit untuk dipahami. Ini menarik buat saya bagaimana menyajikan content keuangan dengan bahasa yang mudah dipahami dan tentu saja membuatnya menjadi menarik dan menyenangkan untuk dibaca.

Sejauh pengamatan saya di tahun 2016 kemarin, ada banyak sekali institusi keuangan yang mulai secara massive merambah marketing dan promosinya via blogger baik melalui blog competition maupun event, bahkan saking minimnya blogger yang bahas soal keuangan jadi salah alamat mengundang blogger dengan content beauty and lifestyle sebagai pembicara ke event mereka hanya untuk membuat acara mereka menjadi lebih menarik dan agar bisa diterima di semua kalangan. Sebenarnya ini challenge banget buat para blogger wanita untuk masuk ke dunia ini, karena kalo mau jadi freelancer di bidang keuangan, job dibidang ini masih terbuka sangat lebar.

Mungkin sebagian ada yang bingung ini blog sebenarnya kontennya apa sih kog campur aduk? 
Sebenarnya konten yang utama, saya senang membahas soal keuangan, sepeti produk-produk investasi, e-money (lesh cash society), website atau aplikasi handphone yang bisa membantu kita berhemat. Dari semuanya yang saya share tujuannya membantu banget buat saya sendiri dan pembaca, gimana sih bisa tetap ngikutin beauty, fashion and lifestyle meskipun berhemat dan tidak lupa untuk tetap menghargai uang. Karena saya juga amat senang koleksi make up atau sekedar mencoba skin care yang cocok.

Karena nih, kalo ngikutin blogger-blogger keren yang sering banget review produk-produk make up, beauty and fashion terbaru gemes kepingin ikutan beli sampe gak bisa tidur kalo belum punya juga, gak ada habisnya...!(padahal mereka juga kadang-kadang dapet gratisan dari sponsor atau endorse..hehe!) Dan jujur kalo saya sudah blogwalking dan jadi kepingin beli ini itu saya sering lupa kalo bulan ini saya harus berhemat dan menyisihkan sebagian uang untuk investasi dengan tujuan yang lebih penting. (OMG! serasa masa depan melang-lang buana).
Padahal dari hasil investasi dan trik-trik khusus bisa banget buat beli kebutuhan wanita yang lagi hits tanpa harus menguras tabungan. Buat saya berhemat dan bisa mendapatkan sesuatu tanpa mengeluarkan banyak uang bukan berati miskin tapi melindungi masa depan buat saya sungguh berharga, apalagi yang sudah berkeluarga.

Saya memang bukan financial advisor, tapi saya senang bisa sharing pengalaman saya berinvestasi atau sekedar berbagi tips dan trik belanja dengan lebih bijak dan hemat. Nah! barangkali ada yang seminat dengan saya? yuk saling sharing. ;)

2 comments:

  1. Ayo mba bahas soal keuangan secara rutin. Aku pengen deh nyerap ilmunya banyak-banyak biar bisa melek investasi dan berani mulai. Sayang kan, masyarakat Indonesia masih dikit banget yang ngerti tempat meletakkan uang yang tepat. Termasuk aku yang baru ngeh akhir-akhir ini kalo ada yang namanya reksadana, dll. Semoga bisa bikin banyak orang melek investasi juga. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih, sekalian aku juga nulis sambil belajar macam-macam investasi. ;)

      Delete